Sejarah Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober diperingati sebagai semangat para pemuda yang saat ini dimaknai dengan mengisi kemerdekaan. Para Pemuda Indonesia mencintai negaranya dan bangga menjadi bangsa Indonesia. Sejarah Indonesia mencatat, keterlibatan serta kepeloporan anak muda selalu ada dalam setiap peristiwa penting bangsa Indonesia, sebab anak muda telah menjalankan tugasnya untuk menjadi agent of change.

Pengacara muda Bali, I Putu Agus Putra Sumardana, yang kini telah ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Bali Partai Rakyat Adil Makmur (Partai PRIMA), berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Rakyat Adil Makmur dengan Nomor: SK-19.18/DPP-PRIMA/X/Tahun 2021 tertanggal 19 Oktober 2021, menilai bahwa Momentum peringatan Sumpah Pemuda menjadi cambuk penyemangat dan spirit perjuangan anak muda dalam mewujudkan politik yang berorientasi pada kepentingan bangsa dan negara. Sehingga dengan demikian kehadiran dan kiprah pemuda dalam panggung politik sudah tentu dinanti oleh publik.

Agus Putra Sumardana dalam tugas pembentukan struktur pengurus Partai Prima di Bali, memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi Generasi Muda untuk mengambil jabatan strategis sebagai Ketua DPK (Dewan Pimpinan Kabupaten/Kota), Ketua DPKc (Dewan Pimpinan Kecamatan) di Partai Prima di Kabupaten/Kota di Bali. Menurutnya Anak muda memiliki kecenderungan kritis, banyak bertanya, dan tidak ragu untuk berdebat tentang suatu hal. Yang membuat Agus Putra Sumardana terfokus untuk melakukan perekrutan pengurus Partai Prima diutamakan diisi oleh Kaum Muda. Kaum muda adalah kelompok kaum yang piawai melakukan elaborasi teknologi dan aplikasi digital serta memiliki intensitas tinggi berselancar di sosial media sehingga anak muda akan selalu ada dalam dinamika diskursus masalah-masalah publik.

Agus Putra Sumardana berpendapat, bahwa Partai Politik modern harus mampu melakukan konversi potensi inheren pada anak muda. Artinya, tidak hanya sekadar kesadaran politik di tahap pengetahuan atau pemahaman, namun juga diwujudkan dalam aktivisme politik (political activism), sebagai bentuk manifestasi kesadaran politik yang tinggi di kalangan anak muda. Hal ini dibuktikan Agus Putra Sumardana dengan memberikan dan menempatkan anak muda sebagai Pengurus Partai Prima di seluruh Kabupaten/Kota di Bali.

Agus Putra Sumardana akan mengubah stigma Parpol yang dicitrakan berbahaya dan penuh konflik, oleh Partai Prima Bali akan diubah menjadi ruang pertarungan ide, di mana silang pandangan dan kritik anak muda ditumbuh suburkan sebagai seni keindahan narasi politik (the beauty of the politics). Anak muda atau dikenal dengan Generasi Z dan Generasi Milenial merupakan kekuatan politik tersendiri yang mampu bersaing di dalam kontestasi pemilihan, baik pemilihan kepala daerah maupun wakil rakyat, tutupnya.